WELCOME MESSAGE

Selamat Datang! KOMENTAR Apapun dari Anda Adalah BERKAH bagi saya..!

Senin, 28 November 2011

Tafsiran Bait-Bait Mars PLH SMAN 8 Pekanbaru

karya : Drs. Oan Hasanuddin, RO., Akp., MA.
Arr : F.Ilham S.Pd.


Tuhan ciptakan alam nan indah
Manusia penerima amanah
Wahana karya bernilai ibadah
Ambil manfaat jangan serakah

Tuhan telah menciptakan alam dengan begitu indahnya. Diantara semua mahkluk yang diciptakan Tuhan, manusia lah yang dipilih dan dipercayakan Tuhan untuk menjaga alam ciptaanya. Tuhan ciptakan alam ini untuk kita pakai sebagai sarana berkarya, tapi tujuan utamanya tetaplah untuk beribadah pada-Nya. Tuhan memperbolehkan kita untuk mengambil segala manfaat yang dapat dipetik, namun kita tidak boleh serakah.

Karya agungnya teramat luhur
Semua makhluk hidup makmur
Amal berkah tumbuh subur
Jagad raya sujud syukur

Sungguh agung dan hebat serta mulia alam karya Tuhan ini. Semua makhluk di bumi ini hidup dengan makmur, tidak hanya manusia. Amal banyak dilakukan dimana-mana, sehingga menimbulkan banyak kerberkahan pula dimana-mana. Atas semua anugerah yang teramat nikmat ini, seisi jagad raya bersujud syukur pada Tuhan sang pencipta alam.

Buma buha mata
Buka mata buka hati
Memelihara alam titipan Allah
(2 kali)

Ayo kita buka mata, lihatlah apa yang sudah diberikan Tuhan. Buka hati, renungkan apa yang telah di anugerahkan Tuhan kepada kita. Kita sebagai penerima tanggung jawab haruslah memelihara alam yang dititipkan Tuhan kepada kita.

Jagalah mata
Jagalah hati
Ayunkan tangan
Langkahkan kaki
Memeliahara alam titipan illahi
Cermin insan Khalifah fil-ardhi

Jaga mata kita, perhatikan apa yang kita lihat. Jangan hanya dilihat saja, renungkan lah betul-betul dalam hati. Ayo jangan hanya dipikirka saja, bergerak-bergerak! Untuk memelihara alam titipan sang Pencipta. Dengan bagitu baru kita dapat menjadi individu yang pantas disebut sebagai pemimpin muka bumi ini.

Karena ulah tangan manusia
Darat dan laut rusak binasa
Warisan anak cucu tak tersisa
Bencana alam dimana-mana

Ternyata, tidak semua hal berjalan lancar. Karena hasil kerja tangan-tangan tak bertanggung jawab yang hanya memikirkan diri sendiri. Darat dan laut bumi ini hancur lebur. Hutan-hutan gundul, alam di eksploitasi. Mereka memakai alam dengan seenaknya, tanpa  memikirkan orang lain atau masa depan juga penerus. Tidak ada lagi sisa-sisa alam yang dapat digunakan oleh generasi-generasi mendatang. Tidak hanya itu, kegiatan jahat itu juga membuahkan bencana alam yang terjadi di berbagai belahan dunia.

Buma buha mata
Buka mata buka hati
Memeliahara alam titipan Allah
(2 kali)
Jagalah mata
Jagalah hati
Ayunkan tangan
Langkahkan kaki
Memelihara alam titipan illahi
Cermin insane khalifah fil-ardhi

(Sudah di tafsir)

Jiwa siswa SMA 8
Dan Pendidikan Lingkungan Hidup
Ecological Youth Environmental Source
Siswa peduli lingkungan hidup
Cermin insane khalifah fil-ardhi

Kami siswa-siswi SMAN 8 Pekanbaru, yang dibekali dengan Pendidikan Lingkungan Hidup, akan berusaha sekuat tenaga untuk menjadi siswa-siswi yang peduli lingkungan, memelihara alam titipan Allah, dan menjadi insane yang layak dipanggil pemimpin di muka bumi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar